RPP 1 HALAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII TEKS ARTIKEL




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran
Sekolah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
SMA Negeri 2 Boyolali
XII IPA-IPS/ Genap
Teks Artikel
4 X 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
3.10.1 Menemukan informasi pokok dalam artikel opini.
3.10.2 Membedakan antara informasi fakta dan opini penulis.
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.1 Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.2 Mempresentasikan opini dalam bentuk artikel     

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapatmengevaluasi informasi dalam artikel dan menyusun opini dalam bentuk artikel dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
 B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
1.        Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran.
2.        Peserta didik membaca teks artikel dan mencari tahu permasalahan (berkaitan dengan jenis informasi) yang terdapat dalam teks tersebut.
3.        Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan fakta dan opini dalam teks artikel.
4.        Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis mengevaluasi informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel.
5.        Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil evaluasi terhadap informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam  bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain. 
6.        Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan evaluasi informasi dan penyusunan opini dalam bentuk teks artikel yang telah mereka lakukan.
7.        Pendidik melaksanakan penilaian terhadap pembelajaran.
C. Penilaian
1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2. Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang mengevaluasi informasi dalam teks artikel.
3. Keterampilan: Produk hasil menyusun opini dalam bentuk teks artikel.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Boyolali, 2 Januari 2020
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                                          Guru Mata Pelajaran  


Drs. Agung Wardoyo                                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                                NIP 197207081998011001

Unduh File RPP 1 Halaman Teks Artikel Klik https://drive.google.com/open?id=1cujJXq881M_MHJmuC1TZvkqMwRA2bdtq 


Baca dan Unduh Contoh RPP 1 Lembar (1 Halaman)
1. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Discovery Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa.html
2. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-lembar-teks-laporan-hasil.html
3. RPP 1 Lembar Teks Karya Ilmiah model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/contoh-rpp-1-halaman-model-pembelajaran.html
4. RPP 1 Lembar Teks Negosiasi KD 3.10, 4.10 Model PBL Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-halaman-teks-negosiasi-kd-310-410.html



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 DAN KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA SMA PAKET 1

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN TENTANG AMANAT CERITA

CONTOH SOAL KALIMAT ARGUMEN YANG MENDUKUNG PENDAPAT