CONTOH RPP 1 HALAMAN


Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. “Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”

Baca dan Unduh Contoh RPP 1 Lembar (1 Halaman)
1. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Discovery Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/unduh-contoh-rpp-1-lembar-bahasa.html
2. RPP 1 Lembar Teks LHO Model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-lembar-teks-laporan-hasil.html
3. RPP 1 Lembar Teks Karya Ilmiah model Problem Based Learning Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/contoh-rpp-1-halaman-model-pembelajaran.html
4. RPP 1 Lembar Teks Negosiasi KD 3.10, 4.10 Model PBL Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/12/rpp-1-halaman-teks-negosiasi-kd-310-410.html


Sumber : Grup FB KKG Angso Duo Jambi

Contoh RPP 1 Halaman Tematik SD
                                                                             Sumber: FB Mukromiyono, S.Pd

Unduh Contoh RPP 1 Halaman
1. RPP Bahasa Indonesia 1 Halaman Klik https://drive.google.com/open?id=1Kzsmhex2_-wFoB5lSxwXqPlz3qODWr9C
2. RPP Mapel Matematika Klik https://drive.google.com/open?id=10RjjZrKo5P_6gX1zoxCuTGfIoqBju9kN
3. RPP Mapel Fisika Klik https://drive.google.com/open?id=1b9BNf3pfCJmE-xmnsHszuoFyuqhJok1z


Rencana Pembelajaran


IDENTITAS
Kelas/ Semester
: XI/ GASAL
Mata Pelajaran
: Matematika
Alokasi Waktu

: 6 x 45 menit
Materi
: Operasi Matriks



Guru
: Ervin Tamta L.,M.Pd


TUJUAN
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi :
-  Siswa mampu mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab
-  Siswa mampu memahami dan menyelesaikan operasi matriks
-  Siswa mampu menyelesaikan masalah berkaitan dengan operasi matriks











PROSES PEMBELAJARAN
Pendahuluan (Apersepsi)
:
·   Tampilkan video jual beli berkaitan dengan bentuk matriks (yang nantinya akan diubah dalam bentuk matriks)
·   Pertanyaan awal : Bagaimana kita menyelesaikan permasalahan yang ada pada video? Ada berapa cara untuk menyelesaikannya? Bagaimana jika diselesaikan dengan
operasi matriks?
Kegiatan Inti
:
·   Siswa mengamati berbagai permasalahan dengan operasi matriks melalui lembar jawab yang diberikan kisi-kisi oleh guru.
·   Siswa mencari informasi tentang unsur-unsur matriks
·   Siswa mengubah bentuk permasalahan kedalam operasi matriks
·   Proses pembelajaran ini siswa dibebaskan untuk memilih sumber belajar, termasuk dari sumber internet.
·   Siswa mencari informasi megenai operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian matriks
·   Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan hal-hal
yang berkaitan dengan operasi matriks.
Penutup
:
Setelah mengetahui penyelesaian masalah dengan operasi matriks, siswa mampu mengidentifikasi cara mana yang lebih mudah untuk menyelesaikan masalah sehari-hari termasuk
dengan penerapan operasi matriks.


PENILAIAN
Rasa Ingin Tahu

: Melalui pengamatan pada proses pembelajaran
Tanggung Jawab
:     Melalui     pengamatan    pada     proses    dan     hasil     dari
pembelajaran
Pengetahuan dan
Ketrampilan
: Melalui diskusi, tanya jawab, dan lembar tugas yang
diberikan guru pada proses pembelajaran dan penugasan.


Text Box: Sleman, Juli 2019 Guru Mata Pelajaran






           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (No. 3.8/XI-2/2019-2020)


Satuan Pendidikan
: SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA
Mata Pelajaran
: Fisika
Kelas/ Semester
: XI/ Dua
Materi Pokok
: Gelombang Mekanik
Alokasi Waktu
: 2 pertemuan (4 x 45 menit)

Kompetensi Dasar:
3.8          Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik
4.8    Melakukan percobaan tentang salah satu karakteristik gelombang mekanik berikut presentasi hasilnya

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
3.8.1   mengidentifikasi besaran-besaran pada gelombang mekanik
3.8.2    menentukan besaran-besaran gelombang mekanik
3.8.3    membandingkan besaran-besaran fisis pada dua atau lebih gelombang mekanik
3.8.4    mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik hasil praktikum
4.8.1    melakukan percobaan penentuan periode, panjang gelombang dan amplitudo
gelombang mekanik
4.8.2    menyusun laporan hasil praktikum gelombang mekanik
4.8.3    menginformasikan dalam bentuk tulisan karaktersitik gelombang hasil penelitian.

Kegiatan Pembelajaran: Pertemuan Pertama

Aktivitas siswa/guru
Alokasi
Waktu
Pendahuluan:
1.       Doa
2.       Mereview materi sebelumnya
3.       Menginformasikan tujuan pembelajaran
4.       Menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan
5.       Motivasi dengan menunjukkan fenomena-fenomena gelombang mekanik berkaitan dengan kuasa Illahi


15
menit
Kegiatan Inti
1.       Stimulation : guru menunjukkan contoh satu jenis gelombang mekanik
2.       Problem statement : siswa diarahkan untuk mengenal besaran- besaran pada gelombang mekanik
3.       Data collection : Literasi tentang gelombang


60
menit
Kegiatan Penutup
1. Bersama siswa mereview materi terkait dengan besaran dalam gelombang mekanik
15
menit


2.       Menginformasikan materi dan kegiatan pada pertemuan yang akan datang
3.       Penugasan untuk siswa (TMT 3.8.1)


Pertemuan kedua
Aktivitas siswa/guru
Alokasi
Waktu
Pendahuluan:
1.       Doa
2.       Mereview materi sebelumnya
3.       Menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan
4.       Membuat kelompok praktikum

15
menit
Kegiatan Inti
1.       Data collection : Praktikum gelombang mekanik
2.       Data Processing : mengolah data hasil praktikum
3.       Verification: membadingkan hasil olah data dengan kelayakan yang ada pada referensi
4.       Generalization : membuat kesimpulan dan menuliskan dalam laporan


60
menit
Penutup
1.       Salah satu kelompok siswa presentasi hasil praktikum
2.       Guru bersama siswa mendiskusikan informasi yang disampaikan kelompok penyaji
3.       Guru memverifikasi materi hasil kegiatan belajar
4.       Penugasan siswa mengerjakan TMT 3.8.2


15
menit

Penilaian :
1.      Sikap                           : Jurnal sikap
2.      Pengetahuan:
a.       Penugasan              : TMT 3.8.1 dan TMT 3.8.2
b.      Penilaian Harian    : PH_3.8
c.       PTS/PAS                : PTS_3.8
3.      Keterampilan               : Praktikum PP_4.8

Mengatahui, Kepala Sekolah,


Drs. Maman Surakhman, M.Pd. I. 
NIP. 19600607 198103 1 008
Yogyakarta, 2 Januari 2020 Guru Mata Pelajaran,


Ichwan Aryono, S.Pd., M.Pd. Si 
 NIP. 19670415 199702 1 003






PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Telp (0541) 7773533 Email tu@sman3Samarinda.sch.idSAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR. KODE POS 75124





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan           : SMA Negeri 3 Samarinda
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia Kelas/ Semester      : X (Sepuluh) / Genap Materi Pokok        : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu                  : 8 Jam Pelajaran (360 Menit)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Menganalisis struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.
2.     Memproduksi teks negosiasi dengan memerhatikan struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan.

B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.     Kegiatan Pendahuluan
a)     Orientasi: Melakukanpembukaan dengan salampembuka dan berdoa untuk memulaipembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b)    Apersepsi: Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
c)     Motivasi: Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi teks negosiasi dalam kehidupan sehari- hari, apabila materi/ tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi teks negosiasi, menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung, dan mengajukan pertanyaan stimulus secara interaktif.
d)    Pemberian Acuan: Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan yang sedang berlangsung, memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung, pembagian kelompok belajar, menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

2.     Kegiatan Inti

a)     Literasi: Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi teks negosiasi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)
b)    Critical Thinking (Berpikir Kritis): Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran.
                        c)     Collaboration (Kerja Sama): Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk    mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai teks negosiasi.
d)    Communication (Komunikasi): Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi tentang teks negosiasi, mempresentasikan hasil diskusi kelompoksecara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang teks negosiasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi tentang teks negosiasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
                    e)     Creativity (Kreativitas): Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan teks negosiasi yang akan selesai dipelajari.

3.     Kegiatan Penutup

a)     Peserta didik: Membuat ringkasan dengan bimbingan guru tentang hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran teks negosiasiyang baru dilakukan, mengagendakan pekerjaan rumahuntuk materi teks negosiasi yang baru diselesaikan, mengagendakan materi atau tugas yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
b)    Guru: memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

C.    PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.     Tes Tertulis: Menganalisis struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.
2.     Tes Praktik: Membuat teks negosiasi dengan memerhatikan struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan.

Mengetahui                                                                   Samarinda, 15 Desember 2019
Kepala Sekolah,                                                            Guru Mapel,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH 10 MACAM PESAN ATAU KOMUNIKASI ANTARA WALI KELAS/GURU DENGAN ORANG TUA DALAM GRUP WHATSAPP PADA SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) ATAU PEMBELAJARAN DARING

Kata Kata Motivasi 2015 Terbaru - Kata MOTIVASI

Pada(mu) Senja(ku)