MACAM-MACAM MODEL ATAU POLA EDP DALAM STEM
MODEL EDP DALAM STEM
Memperoleh pemahaman tentang masalah yang akan diselesaikan, biasanya dilakukan melalui beberapa pengamatan. Empati sangat penting karena melatih siswa bisa lebih memahami pengalaman dan kebutuhan orang yang memiliki masalah dan mengembangkan desain secara singkat untuk merefleksikan kebutuhan orang lain.
Pengumpulan informasi yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize. Selanjutnya menganalisis hasil pengamatan dan mensintesisnya untuk menentukan masalah inti. Tujuan dari tahap ini adalah untuk membuat pernyataan masalah yang bermakna dan dapat ditindaklanjuti.
Proses curah pendapat diantara siswa dalam kelompok tentang berbagai kemungkinan solusi, kemudian mengidentifikasi masalah dan menentukan atau menciptakan solusi terbaik untuk memecahkan masalah.
Purwarupa yang sudah diproduksi diuji menggunakan solusi terbaik yang diidentifikasi selama fase prototype. Ini merupakan tahap terakhir, namun, dalam prosesnya akan berulang dan produk yang dihasilkan selama fase pengujian adalah apa yang sering digunakan untuk mendefinisikan kembali satu atau lebih masalah
Unduh Materi Powerpoint Pembelajaran Berbasis STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA-FYAzq4ajD_z0ZhpXfLWSbOiZyWGc_gcYGw12qB_SAIJ7sGqahCxzymt5-zDfLnrAK74-xocz_zogcgsaWqTBhWY6AcqLdFdNN2FMUAMuPxcUo03iVHraZo2gxytLHx0ApqXw-dFq9fj/s640/4.jpg)
Salah satu ciri pembelajaran STEM adalah adanya Engineering Design Process (EDP) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin yang digunakan untuk mengintegrasikan Science, Technology, Engineering dan Mathematics.
Implementasi EDPEDP bersifat fleksibel. Terdapat banyak variasi EDP saat ini, misalnya dalam jenjang SD EDP disederhanakan menjadi lima langkah (EIE, 2019)
EDP merupakan sebuah siklus yang mana tidak ada titik mulai dan akhir secara resmi. EDP bisa mulai dari langkah mana saja, fokus pada satu langkah, mundur dan maju diantara langkah-langkah, atau mengulangi siklus EDP. Sebagai contoh, setelah memodifikasi atau improve, kegiatan EDP bisa dimulai lagi dari awal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik (EIE, 2019)
Model-Model EDP
1. Model Engineering Design Process (Robert M. Capraro)
2. Model Engineering Design Process (Jamie Back)
3. Model Engineering Design Process (Anne Jolly)
4. Model Design Thinking Process (Dawn M. White)
Memperoleh pemahaman tentang masalah yang akan diselesaikan, biasanya dilakukan melalui beberapa pengamatan. Empati sangat penting karena melatih siswa bisa lebih memahami pengalaman dan kebutuhan orang yang memiliki masalah dan mengembangkan desain secara singkat untuk merefleksikan kebutuhan orang lain.
Pengumpulan informasi yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize. Selanjutnya menganalisis hasil pengamatan dan mensintesisnya untuk menentukan masalah inti. Tujuan dari tahap ini adalah untuk membuat pernyataan masalah yang bermakna dan dapat ditindaklanjuti.
Proses curah pendapat diantara siswa dalam kelompok tentang berbagai kemungkinan solusi, kemudian mengidentifikasi masalah dan menentukan atau menciptakan solusi terbaik untuk memecahkan masalah.
Mendesain prototipe atau serangkaian prototipe untuk menguji semua atau sebagian dari solusi. Pada fase Prototipe dihasilkan sejumlah versi produk yang sesuai desain
Purwarupa yang sudah diproduksi diuji menggunakan solusi terbaik yang diidentifikasi selama fase prototype. Ini merupakan tahap terakhir, namun, dalam prosesnya akan berulang dan produk yang dihasilkan selama fase pengujian adalah apa yang sering digunakan untuk mendefinisikan kembali satu atau lebih masalah
Sumber: PPT Materi Program SMA Zonasi tahun 2019 Kemdikbud
Unduh Materi Powerpoint Pembelajaran Berbasis STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html
Baca Materi STEM
1. STEM Sebagai Pendekatan dalam Pendidikan/Pembelajaran https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/pengertian-stem-dan-pendekatan-stem.html
2. Model Pembelajaran STEM https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-model-pembelajaran-stem.html
3. Contoh Analisis STEM dalam KD/Kurikulum 2013
a. Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html
b. Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html
4. Contoh RPP berbasis STEM
c. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-stem-bahasa-indonesia-teks.html
d. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-model-stem-bahasa-indonesia.html
CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BERBASIS STEM MAPEL BAHASA INDONESIA SMA
1. Contoh RPP berbasis STEM
a. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-stem-bahasa-indonesia-teks.html
b. RPP SMA TEKS PROSEDUR Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-rpp-berbasis-stem-bahasa.html
c. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-model-stem-bahasa-indonesia.html
Unduh Materi Powerpoint Pembelajaran Berbasis STEM Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA-FYAzq4ajD_z0ZhpXfLWSbOiZyWGc_gcYGw12qB_SAIJ7sGqahCxzymt5-zDfLnrAK74-xocz_zogcgsaWqTBhWY6AcqLdFdNN2FMUAMuPxcUo03iVHraZo2gxytLHx0ApqXw-dFq9fj/s640/4.jpg)
Ket Foto: Kegiatan IHT Pembelajaran Berbasis STEM Program SMA Zonasi Tahun 2019 di SMA Negeri 2 Mranggen, Jateng
Nama: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
Instansi: SMA Negeri 2 Boyolali, Jawa Tengah
Nomor WA: 081326446361
Komentar
Posting Komentar