UNDUH RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI TEKS CERPEN KD 3.9 DAN 4.9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : SMA Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa dan Sastra Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Cerita pendek |
Alokasi Waktu | : 4 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, cerita pendekal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan cerita pendekal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.9.1 Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek 3.9.2 Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen. | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.9.1 Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek 4.9.2 Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun. |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifikpeserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek, menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah, menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek, dan menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
D. Materi
Struktur Cerita Pendek
Abstrak-Orientasi-Komplikasi-Resolusi-Evaluasi-Koda
Unsur-unsur Cerita Pendek
Tema, tokoh, penokohan, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang, amanat.
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning, Problem Based Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XIRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Stimulation 1. Peserta didik membaca cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis. Problem Statemen 1. Peserta didik bertanya jawab struktur dan kebahasaan dalam cerpen 2. Peserta didik memberi komentar struktur dan kebahasaan dalam cerpen Data Collection 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kebahasaan dalam cerpen yang dibaca Data Processing 1. Peserta didik menganalisis struktur dan kebahasaan dalam cerpen 2. Peserta didik menuliskan struktur dan kebahasaan dalam cerpen Verification 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya. Generalization Peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai struktur dan kebahasaan cerpen | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca cerita pendek lainnya dan memilih satu cerita pendek untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan belajar mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Orientasi Siswa pada Masalah 1. Peserta didik mengamati teks cerpen yang dibawa Mengorganisasi Siswa dalam Belajar 1. Peserta didik bertanya jawab tentang mengonstruksi cerpen dengan teman sebangku. 2. Peserta didik memberikan komentar tentang mengonstruksi cerpen. Membimbing Penyelidikan Siswa secara Mandiri atau Kelompok 1. Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi dalam kelompok untuk mengonstruksi cerpen. 2. Peserta didik menyusun cerpen. Mengembangkan dan menyajikan Hasil Karya 1. Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah 1. Peserta didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari teman/kelompok lain 2. Peserta didik menyimpulkan pembelajaran menyusun teks cerpen | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama peserta didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan cerita pendek. 3. Menutup kegiatan belajar mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tesremedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001UNDUH FILE WORD RPP TEKS CERPEN KLIK https://drive.google.com/open?id=1dXB3in7bSCOAvhxenA7wsAXM1idCkF1p
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
Komentar
Posting Komentar