CONTOH RPP STEM BAHASA INDONESIA TEKS EKSPOSISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia (Wajib)
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 8 × 45 menit (4X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | 3.4.1 Menemukan struktur teks eksposisi 3.4.2 Menemukan kebahasaan teks eksposisi 3.4.3 Membandingkan dua teks eksposisi |
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | 4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur, dan aspek kebahasaan. 4.4.1 Mempresentasikan teks eksposisi yang disusun. . |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan STEM dan model pembelajaran PjBL-STEM, peserta didik dapat menemukan struktur, aspek kebahasaanteks eksposisi, membandingkan struktur dan aspek kebahasaan, menentukan gagasan pokok dan penjelas, serta menyusun teks eksposisi dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah
D. Materi
Teks eksposisi
1. struktur teks
2. aspek kebahasaan
3. perbandingan struktur dan aspek kebahasaan dua teks.
4. gagasan pokok dan penjelas
5. kerangka teks.
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : STEM
Model : PjBL-STEM
Metode : Diskusi, Penugasan, tanya jawab.
F. Media/Alat dan Sumber Belajar
Media/Alat : Lembar Kerja, LCD
G. Bahan dan Sumber Belajar
|
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. Penda-huluan | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidikk dengan pertanyaan “Apa yang dituliskan pada bagian awal teks eksposisi?; Setelah hal tersebut/pendapat dilanjutkan dengan apa? Apa yang dituliskan pada bagian akhir teks eksposisi? 3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
2. Inti | Model PjBL-STEM 1. Reflection a. Peserta didik membaca analisis struktur teks eksposisi yang disediakan oleh guru yaitu bertema teknologi b. Peserta didik bertanya jawab tentang isi dan struktur teks eksposisi. 3. Research Peserta didik membaca berbagai sumber bacaan tentang struktur teks eksposisi 4. Discovery Peserta didik menentukan teori struktur teks eksposisi untuk menganalisis struktur teks eksposisi bertema teknologi 4. Application Peserta didik mendiskusikan isi dan struktur teks eksposisi bertema teknologi yaitu: · Tesis/pernyataan pendapat · Argumentasi · Penegasan Ulang dan rekomendasi 5. Communication a. Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memberikan tanggapan meliputi · Tesis/pernyataan pendapat · Argumentasi · Penegasan Ulang dan rekomendasi b. Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan · Isi setiap bagian struktur · Struktur teks eksposisi | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) Kreativitas (Creativity) | 70 menit |
3. Penutup | Kegiatan pendidik bersama peserta didikyaitu: · Menyimpulkan struktur teks eksposisi serta isi setiap bagian teks eksposisi Kegiatan guru yaitu: · Melaksanakan penilaian · Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik untuk pertemuan kedua. · Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Kreativitas HOTS | 10 menit |
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. Pendahu-luan | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidik dengan pertanyaan “Apakah dalam teks eksposisi menggunakan istilah-istilah tertentu?; 3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
2. Inti | Model PjBL-STEM 1. Reflection a. Peserta didik membaca analisis struktur teks eksposisi bertema teknologi b. Peserta didik bertanya jawab mendiskusikan kebahasaan teks eksposisi. 3. Research Peserta didik membaca berbagai sumber untuk dan berdiskusi kelompok untuk menentukan berbagai ciri kebahasaan teks eksposisi 4. Discovery Peserta didik menentukan teori tentang ciri kebahasaan teks eksposisi untuk menganalisis ciri kebahasaan teks eksposisi bertema teknologi. 4. Application Peserta didik menganalisis ciri kebahasaan teks eksposisi bertema teknologi sesuai dengan teori yang telah ditentukan. 5. Communication a. Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memberikan tanggapan b. Peserta didik memperbaiki hasil kerja berdasarkan masukan dari teman/kelompok yang lain. c. Di bawah bimbingan Pendidik, peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks eksposisi bertema teknologi | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) Kreativitas (Creativity) | 70 menit |
3. Penutup | Kegiatan Pendidik bersama peserta didik yaitu: Menyimpulkan kebahasaan (Makna istilah, Afiksasi, Adjektiva) dalam teks eksposisi Kegiatan guru yaitu: · Melaksanakan penilaian · Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik untuk pertemuan ketiga. · Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Kreativitas HOTS | 10 menit |
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 3 (4 X 45 menit)
Tahap | Langkah-Langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Pendahuluan: | 1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerahTuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan Pendidik tentang materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya, “ Apa yang kalian ketahui tentang teks eksposisi?”; “ Bagaimana struktur teks eksposisi?”; 3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
Inti | Model PjBL-STEM 1. Reflection a. Peserta didik membaca eksposisi bertema teknologi b. Peserta didik bertanya jawab mendiskusikan penyusunan teks eksposisi bertema teknologi. 3. Research Peserta didik membaca berbagai sumber untuk dan berdiskusi kelompok untuk menyusun teks eksposisi bertema teknologi 4. Discovery Peserta didik menentukan teori tentang menyusun teks eksposisi bertema teknologi. 4. Application Peserta didik menyusun teks eksposisi bertema teknologi sesuai dengan teori yang telah ditentukan. 5. Communication a. Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya; kelompok lain memberikan tanggapan b. Peserta didik memperbaiki hasil kerja berdasarkan masukan dari teman/kelompok yang lain. c. Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan penyusunan teks eksposisi bertema teknologi | Literasi Kreativitas Rasa ingin tahu Kreativitas Kerja sama (Collaborative) Komunikatif (Communica-tive) Berpikir kritis (Critical thinking) | 150 menit |
Penutup | Kegiatan Pendidik bersama peserta didik yaitu: · Membuat simpulan hasil pembelajaran. · Merefleksi manfaat pembelajaran menyusun kalimat penjelas berdasarkan kalimat utama . Kegiatan Pendidik yaitu: · Melaksanakan penilaian · Memberikan tugas · Menyampaikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu menyusun teks negosiasi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. | Kreativitas HOTS | 15 menit |
J. Penilaian
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes
b. Bentuk Penilaian : Tes lisan (kuis) dan penugasan indiividu dan kelompok.
c. Instrumen penilaian: kuis (daftar soal) dan lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan:
a. Teknik penilaian : penugasan.
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen penilaian : lembar kerja dan penilaian presentasi
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Baca Materi STEM
1. STEM Sebagai Pendekatan dalam Pendidikan/Pembelajaran https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/pengertian-stem-dan-pendekatan-stem.html
2. Model Pembelajaran STEM https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/model-model-pembelajaran-stem.html
3. Contoh Analisis STEM dalam KD/Kurikulum 2013
a. Tingkat SMP Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum_6.html
b. Tingkat SMA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/contoh-analisis-stem-dalam-kurikulum.html
4. Contoh RPP berbasis STEM
c. RPP STEM TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-stem-bahasa-indonesia-teks.html
d. RPP STEM TEKS ARTIKEL ILMIAH KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-model-stem-bahasa-indonesia.html
Komentar
Posting Komentar