RPP BAHASA INDONESIA MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PBL TEKS CERAMAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks ceramah
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)


A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1   Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah.
3.6.2   Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.6  Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.6.1  Menyusun teks ceramah tentang permasalahan aktual
4.6.2  Menyunting teks ceramah
4.6.3  Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifikpeserta didik dapat mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah, mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah, menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah, dan menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gestur, ekspresi, dan intonasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Struktur Teks Ceramah

·         Pembukaan

·         Isi

·         Penutup

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Discovery Learning, PBL

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XIRevisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya 

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Stimulation
1. Peserta didik mengamati contoh teks ceramah yang dibawa.
2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
Problem Statemen
3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
Data Collection
5. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
6. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
Data Processing
7. Peserta didik menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
8. Peserta didik menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. 

Verification
9. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
10. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
Generalization
11. Peserta didik menyimpulkan struktur dan kebahasaan teks ceramah


Literasi





Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)




Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)




Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.        Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran 

Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
a.       Orientasi Siswa pada Masalah
1. Peserta didik mengamati teks ceramah
2. Peserta didik bertanya jawab tentang proses menyusun dan menyunting dalam teks ceramah
b.      Mengorganisasi Siswa dalam Belajar
3. Secara berkelompok peserta didik menerima dan mencermati format isian penyusunan dan penyuntingan teks ceramah
c.         Membimbing Penyelidikan Siswa secara Mandiri atau Kelompok
4. Peserta didik dengan bimbingan guru  menyusun dan menyunting teks ceramah
d.         Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
5. Peserta menyampaikan hasil menyusun dan menyunting teks ceramah
6. Kelompok lain menanggapi
e.         Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
7. Peserta didik memperbaiki hasil kerja kelompok berdasarkan saran dari kelompok/teman yang lain.


Literasi






Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communica-tive)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit


H.    Penilaian

1.      Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.      Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.      Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Boyolali, 29 Mei 2019

Mengetahui,

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                             Guru Mata Pelajaran, 



     Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M.                    Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 197009261997021002                                    NIP 197207081998011001

UNDUH FILE WORD KLIK https://drive.google.com/open?id=1zVFdvvN8k5MBwRgDUIbk4g86gYs8Bh0y


Kelas XI












B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 DAN KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA SMA PAKET 1

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN TENTANG AMANAT CERITA

CONTOH SOAL KALIMAT ARGUMEN YANG MENDUKUNG PENDAPAT