PENILAIAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21
Penilaian Kecakapan Hidup Abad 21
Penilaian hasil belajar pada pembelajaran dalam rangka mengembangkan kecakapan abad 21 pada dasarnya sama dengan penilaian hasil belajar pada umumnya sesuai dengan peraturan yang diberlakukan. Namun, selain harus memenuhi prinsip-prinsip dasar penilaian, dalam rangka memenuhi tuntutan kecakapan Abad 21, maka penilaian hasil belajar juga harus dapat mengukur penguasaan peserta didik terhadap kualitas karakter, kompetensi, dan penguasaan literasi, serta dapat mengembangkan proses berfikir tingkat tinggi / Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Berikut adalah contoh instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur kecakapan Abad 21 (HOTS, Literasi, 4C). Soal diberikan dalam bentuk peta untuk menghadirkan multimoda dalam penguasaan literasi agar peserta didik mampu meramu informasi yang diperoleh dari bentuk visual melalui pemecahan masalah yang disajikan dalam bentuk tulisan.
Sumber:
Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017
UNDUH PEDOMAN/PANDUAN IMPLEMENTASI KECAKAPAN ABAD 21 KLIK https://drive.google.com/open?id=18T-Aw-OmOUjmvemqy6V3ZQ8Kr6Ndo2uP
PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21
A. Pengertian
B. Tujuan
C. Kompetensi Kecakapan Hidup Abad 21
D. Pentahapan Kegiatan
E. Penilaian Kecakapan Hidup Abad 21
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/penilaian-kecakapan-hidup-abad-21.html
Komentar
Posting Komentar